Pages

Selasa, 29 Oktober 2013

Asal Usul Kota Madrid


Tahukah kalian asal usul kota yang menjadi basis klub sepakbola Real Madrid ? Meski kota ini telah ada sejak jaman prasejarah tapi tahukah kalian bahwa kota ini diberi nama oleh orang Muslim ?


Nama "Madrid" diberikan oleh Amir Kerajaan Islam Cordoba yaitu  Muhammad I (Amir merupakan sebutan untuk raja yang memerintah di suatu kerajaan). Nama "Madrid" berasal dari bahasa Arab "Al-Majrit" yang berarti sumber air. Kota Madrid dulunya disebut sebagai "Al-Majrit" karena di dekat istana yang dibangun oleh Amir Muhammad I terdapat sungai Manzanares yang disebut umat Islam sebagai "Al-Majrit".

Saat Islam berkuasa di kota ini banyak pembangunan yang telah dilakukan. Meski saat itu Madrid hanya sebuah kota kecil, namun kegiatan ekonomi di kota ini cukup bagus. Misalnya, ada industri pembuatan sepatu bersol gabus yang semula dikembangkan oleh orang-orang Romawi dan industri kayu ek. 

Di kota ini lahir seorang tokoh yang sangat terkenal di masanya yang bernama  Maslamah Ibnu Ahmad Al Majriti. Ia merupakan kimiawan, astronom, matematikawan bahkan ulama besar dari Andalusia. Al Majriti dikenal sebagai orang pertama yang membuktikan prinsip kekekalan massa yang ia tulis dalam kitab Rutbat al Hakim jauh sebelum Iimuwan non-Muslim yang bernama Lavoisier dari Prancis yang dianggap sebagai penemu prinsip kekekalan massa.

1 komentar:

acingyani mengatakan...

Mantab
dulu spanyol asalnya kerajaan muslim tapi sekarang muslimnya jadi minoritas di spanyol

Posting Komentar